PT Yong Kurniawan Akselera

Cohive 101 Kawasan Mega Kuningan | Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot E4-7 No. 1

Jakarta Selatan, Indonesia | 12950

support@yongkurniawan.com

P: +6221 21479012

© 2019 YK.  All rights reserved.

February 8, 2018

Please reload

Recent Posts

What Goes into Great Presentations: Public Speaking, Visualizations and Confidence! (Part 1 of 4)

July 23, 2017

1/1
Please reload

Featured Posts

Visualisasikan Presentasi Anda: Terprogram untuk Membaca lebih Cepat dibanding menulis (Part 3 of 4)

July 2, 2018

Apakah Anda pernah tengah melakukan presentasi, dan seiring Anda berbicara, para audiens lebih memperhatikan slides dibanding diri Anda? Ternyata, ada sebuah penjelasan untuk itu: Manusia diprogram untuk membaca lebih cepat daripada mendengar.

 

Seringkali dalam membahas topik presentasi, kita cenderung langsung terjun kedalam public speaking. Mungkin hal ini dikarenakan kelemahan kita dalam menyampaikan presentasi tersebut secara efektif (lihat post terakhir kami untuk beberapa tips). Namun disini, kami ingin mendiskusikan aspek visualisasi.

 

Visualisasi konten merupakan aspek penting dari sebuah presentasi, khususnya dalam dunia bisnis. Banyaknya platform desain dan visualisasi - PowerPoint slides, Prezi, ataupun VideoScribe - menunjukkan beberapa variasi dan tools yang dapat memberi sentuhan kreativitas kepada konten Anda.

 

Tidak ada orang yang mau dipaksa membaca sebuah "dinding" berisi tulisan dan bullet point, mari kita lihat beberapa tips untuk membuat konten yang lebih menarik secara visual! 

BERMAIN ASPEK WARNA 

Warna memainkan peran yang penting dalam hidup sehari-hari. Inilah hasil google dalam mencari "fast-food logos". Apakah Anda melihat kesamaan tertentu? Apakah kesamaan warna merah?

 

Merah melambangkan hasrat dan keinginan. Dalam hal ini, makanan cepat saji bergantung pada penilaian cepat untuk pembelian sehingga perusahaan fast food pun menggunakan warna merah untuk menangkap dan memicu keinginan orang.

 

 

Dalam presentasi, warna pun juga dapat digunakan untuk mencetuskan pemikiran bawah sadar para audiens melalui warna tertentu. Contohnya, hijau untuk kesinambungan, biru untuk kepercayaan, dan kuning untuk excitement! Gunakanlah warna untuk menarik perhatian orang - namun ingatlah bahwa menggunakan terlalu banyak warna juga dapat membingungkan orang!

 

A PICTURE'S WORTH A THOUSAND WORDS

Semua orang pasti pernah melihat Steve Jobs memberikan presentasi yang hanya berisi satu kata atau gambar kan? Tipe presentasi seperti ini memang sangat menarik, namun kami mengerti bahwa tidak semua pesan dapat disampaikan dengan hanya satu gambar. Kuncinya disini adalah meluangkan waktu untuk mencari gambar menarik yang dapat membantu pemirsa lebih memahami pesan Anda.

 

Daripada menggunakan pohon yang membosankan untuk menggambarkan tujuan pertumbuhan berkelanjutan perusahaan, mungkinkah itu bisa diganti dengan gambar-gambar dibawah ini?

Image: https://www.234finance.com/ | http://www.ecofys.com/ | http://www.shutterstock.com/

 

Sebuah catatan penting disini adalah untuk memilih gambar yang cocok dari segi style dan warna presentasi Anda. Bukalah diri untuk berpikir di luar kotak - gambar yang sempurna dapat membantu Anda menekankan pesan penting.

 

*Berhati-hati dalam mempertimbangkan copyrights dan lisensi usage licenses, ingat untuk selalu mencantumkan para pencipta original!

 

MENUNJUKKAN DATA YANG BENAR-BENAR PENTING

Istilah infografis seringkali menjadi kata kunci dalam membahas data belakangan ini. Istilah ini sebenarnya adalah singkatan untuk 'information-graphic'. Dalam pengalaman kami, masalah yang paling sering ditemui oleh klien adalah dalam memilih data penting yang ingin ditunjukkan. Mengumpulkan, memilih, dan memvisualisasikan data adalah keterampilan yang sangat penting. 

 

Sebagai contoh, bayangkan skenario saat bos besar meminta sejarah keuangan untuk presentasi singkatnya mengenai strategi perusahaan dalam investasi kesehatan karyawan.

 

Chart 1 memberikan data sepanjang dua dekade terakhir (sample 1). Atau, Anda dapat menunjukkan bahwa pertumbuhan tahunan kian berkurang (sample 2). 

 

Tentunya, simplicity membutuhkan disiplin dan keberanian. Kecenderungan awal adalah untuk mencantumkan semua data. Namun untuk skenario ini (presentasi singkat), sample 2 mungkin lebih sesuai untuk konteks awal dalam sebuah presentasi singkat.

 

Baca HBR article ini untuk berbagai contoh penggunaan chart dan grafik.

Belajar menggunakan tools PowerPoint yang tersedia (master slides, aligning objects, spacing & grid/guidelines, dll.) sangat kami rekomendasikan untuk lebih cepat dan rapi dalam mengembangkan presentasi Anda yang berikutnya.

 

Tidak ada hanya satu cara yang benar untuk memvisualisasikan konten Anda. Satu tip terakhir adalah untuk melakukan proofread (pemeriksaan) sebaik mungkin. Kesalahan seperti typo dan angka penting yang salah adalah cara tercepat dalam merusak kredibilitas dan kerja keras Anda.

 

Terima kasih sudah membaca! Selamat bervisualisasi dalam konten berikut Anda!

YK telah mengembangkan pelatihan 1-2 hari yang komprehensif mengenai Towards Impactful Presentation. Post ini adalah bagian 3 dari 4 post yang didedikasikan untuk mencari tahu cara-cara mengembangkan dan menyampaikan sebuah presentasi - dan memberikan pembaca sneak peek isi training pelatihan. Untuk informasi lanjutan, hubungi support@yongkurniawan.com.​

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter