PT Yong Kurniawan Akselera

Cohive 101 Kawasan Mega Kuningan | Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot E4-7 No. 1

Jakarta Selatan, Indonesia | 12950

support@yongkurniawan.com

P: +6221 21479012

© 2019 YK.  All rights reserved.

February 8, 2018

Please reload

Recent Posts

What Goes into Great Presentations: Public Speaking, Visualizations and Confidence! (Part 1 of 4)

July 23, 2017

1/1
Please reload

Featured Posts

Mitos Public Speaking: Speakers are Born, Not Made (Part 2 of 4)

July 2, 2018

Seperti yang didiskusikan pada post pertama, public speaking adalah bagian penting dari presentasi Anda. Tanggung jawab Anda sebagai seorang presenter adalah memanfaatkan suara yang ada di dalam diri Anda untuk menciptakan call to action (tindakan). Untuk memberikan konteks pada topik ini, lihatlah Steve Jobs:

 

Ternyata, Steve pun memiliki masa kelam dalam sejarahnya berpresentasi.

 

Steve Jobs adalah salah satu storyteller korporat terhebat sepanjang masa. Sebagai seorang marketing yang hebat, presentasi pada tahun 2007 saat meluncurkan iPhone dianggap sebagai salah satu product launch terbesar. Tentu iPhone adalah sebuah trobosan dalam industri smartphone. Namun setelah hampir sepuluh tahun berlalu, presentasinya tetap menempel dalam pikiran kita. Anda tentu berasumsi bahwa orang yang memiliki karisma seperti Steve pasti dilahirkan dengan talenta public speaking.

 

Namun ternyata, Steve tidak selalu seperti itu. Inilah video Steve Jobs pada 1978 sebelum wawancara TV pertamanya. Anda dapat mendengar Steve mengatakan kepada staffnya tentang kegugupannya yang hampir membuatnya muntah. Tidak tersangka kan?

 

Jadi, bagaimanakah Steve Jobs mentransformasi dirinya dari seseorang yang kaku dan gugup, menjadi presenter kelas dunia?​​

​PILIH PERKATAAN DENGAN HATI-HATI...

Perkataan sangat penting, dan kita semua adalah satu-satunya mahkluk yang berkomunikasi dengan cara ini, berbeda dengan mahkluk lain di bumi ini. Ini dimulai dengan kemampuan kita memilih dan merangkai kata-kata dengan baik:

  • Apakah Anda menggunakan kata yang berdampak untuk menggambarkan skenario tertentu?

  • Apakah anda menggunakan jargon yang mudah dimengerti?

  • Apakah Anda menggunakan perkataan yang sesuai dalam acara formal ataupun informal? (bahasa diplomatis seringkali dibutuhkan dalam keadaan situasi tegang).

 

 

INTONASI & EKSPRESI VOKAL: Bukan apa yang kamu katakan, tapi caramu mengatakannya...

Pernahkah pacar atau suami/istri Anda mengatakan sesuatu kepada Anda? Dan Anda langsung tahu bahwa ada masalah menanti.

 

Intonasi pada perkataan yang berbeda dapat menciptakan kesan positif dan negatif. Dengan menggunakan ekspresi vokal, Anda dapat memberikan kesan yang berbeda untuk menggambarkan setiap situasi:

  1. MEMBERIKAN KABAR GEMBIRA!! dengan suara yang kencang

  2. memberikan sebuah rahasia….. dengan suara yang kecil.

Penekanan pada pesan yang berbeda diperlukan untuk menciptakan suasana yang lebih hidup dan menarik 

 

 

BAHASA TUBUH: Tangan saya taruh dimana yah...

​​​​Albert Mehrabian (profesor psikologi di UCLA) mengembangkan model komunikasi yang terkenal. Risetnya memberikan penjelasan sbb: perkataan yang kita gunakan memiliki dampak 7%, cara kita mengatakannya memiliki dampak 38%, dan bahasa tubuh memiliki dampak sebesar 55%.

 


Model komunikasi ini memberi tahu kita bahwa bahasa tubuh memiliki peran yang penting dalam menentukan cara Audiens menangkap pesan  kita. Cara Anda berdiri dan bergerak dapat memberi tahu orang bahwa Anda bahagia, takut, percaya diri, ataupun gugup. Audiens Anda akan menangkap pesan ini dan menyadarinya dalam bawah sadar.

 

Latihlah postur Anda. Cobalah berdiri tegap tanpa harus bersandar kepada sebuah objek untuk menunjukkan Anda memiliki pusat gravitasi sendiri. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tangan Anda, gunakanlah! Gunakan tangan Anda untuk menekankan sebuah pesan penting, ataupun melibatkan sang penonton. Ketahuilah bahwa seorang presenter yang percaya diri adalah hal paling menarik dari sebuah presentasi.

Sekali lagi, kami tekankan bahwa ada banyak cara untuk public speaking. Semua itu tergantung pada kepribadian Anda dan pesang yang ingin disampaikan. Suatu tip penting adalah terus berlatih!

 

 

Saat Anda sungguh percaya dengan isi dan cara presentasi, pesan Anda akan didengar dan dimengerti. Audiens Anda membutuhkan lebih dari konten. Teruslah berlatih dan ingat bahwa pembicara hebat dibentuk, bukan dilahirkan.

 

Terima kasih!

YK telah mengembangkan pelatihan 1-2 hari yang komprehensif mengenai Towards Impactful Presentation. Post ini adalah bagian 2 dari 4 post yang didedikasikan untuk mencari tahu cara-cara mengembangkan dan menyampaikan sebuah presentasi - dan memberikan pembaca sneak peek isi training pelatihan. Untuk informasi lanjutan, hubungi support@yongkurniawan.com.​

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us